Selasa, 02 November 2010

perkembangan database di era globalisasi

Perkembangan Database

Sejarah database
1. database pertama yang tersimpan di komputer mainframe besar terpusat yag di akses pengguna dari terminal
2. sebagai komputasi terdistribusi dari mikrokomputer menjadi populer pada 1980’an, dua jenis database muncul yaitu, database pribadidan klien / server database

Database adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik atau teratur sehingga dapat diakses / diperiksa /digunakan menggunakan suatu program.
Software database merupakan aplikasi perangkat lunak yang diguakan oleh user untuk mengelola dan memanggil database tersebut. Pengelola dan pemanggil kuery ( query ) basis data tersebut dengan system manajemen basis data. Contoh software database diantaranya adalah DB2, Ms.SQL server, Orade, Sybase, Interbase, Xbase, MySQL, Ms.Access.dBase III, FoxPro dll.

Perkembangan teknologi database
Saat ini berkembang sangat pesat. Banyak bentuk-bentuk yang dulu hanya mempunyai teknologi sebagai tempat penyimpanan data yang terdiri dari dari field, record, dan diolah serta ditampilkan menjadi informasi dalam berbagai format tampilan yang sederhana tersebut maka didapatkan suatu metoda untuk menampilkan suatu database yang berguna untuk menganalisa data untuk suatu keperluan tertentu.
Dengan memanfaatkan relational database yang sudah ada maka didapat satu cara untuk mengantisipasi kebutuhan guna menganalisa data secara cepat untuk membantu mendapatkan keputusan dalam suatu aplikasi atau organisasi.

Salah satu contoh teknologi database
Saat ini adalah dimana seorang design web dapat membuat web dengan menarik karena sudah ada teknologi database generasi baru ysng biasa disebut orade. Dengan orade inilah para pendesign web biasa membuat web dengan penuh keunikan.

Pemrosesan database
Beberapa prinsip pemrosesan data pada server termasuk didalamya adalah integritas, sekuriti, da recovery data. Enterpise data yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan membutuhkan sebuah integrasi, pengaksesan data yang dikendalikan dan kelola dengan securiti yang baik dan recovery data dapat dilakukan jika terjadi kegagalan system. Beberapa data management dilakukan secara otomatis biasanya dilakukan oleh DBMS yang berada di server yang mengontrol akses diantara pemrosesan multiple sistem dan meangintegrasikan akses data melalui network management.

Pemrosesan aplikasi
Data digunakan oleh program aplikasi yang mana sebagian beasarnya berada di server. Ada beberapa aplikasi client server yang disediakan oleh vendor. Tools aplikasi ini menjadikan pengembangan system client server menjadi lebih kompetitif.


Pengembangan aplikasi client server dapat dilakukan dengan beberapa cara;
1. fungsi pemrosesan didistribusikan diantara client dan server. Proses dari client dijalankan oleh end user dengan menggunakan bahasa pemrograman database seperti SQL yang memberikan semacam request data dan kemudian mengekstrak data tersebut dari lokasinya dimana semua proses tersebut dikontrol oleh system operasi.
2. UI dan GUI menjadi lebih sering digunakan karena tingkat kemudahan pengguna menjadi lebih penting .
3. Digunakannya advance networking seperti LAN.
4. Code generator juga digunakan, metodelogi objeck oriental akan menambah tingkat penggunaan
5. Tolls pengembangan seperti server FLOWMARK, Progress, Objectview, Oracle menjadi sangat di perlukan.

Ketika sebuah aplikasi diproses dan permintaan akan data dilakukan oleh client, maka hasilnya dikirimkan melalui LAN. Hasil dari aplikasi tersebut dapat saja dilakukan perubahan bentuk untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik

Struktur Database
Struktur hirarki dalam database terdiri dari:
1. karakter
2. field
3. record
4. table
5. database.


DAFTAR REFERENSI
Asep Herman Suyanto, asep-hs@mail.ugm.ac.id , http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id
Faisal Akib http://teknik-informatika.com/about-faisal-akib/
Rakhmatkopero.blogspot.com/2008/05/sistem-basis-data 21.html
http://krida85.wordpress.com/2008/04/16/pengertian-basis-data/
Kenneth C. Laudon. Jane P. Louden, ( Management Information System, Managing The Digital Firm, 2007).
Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, ( ICT Database/Data Resources Management, 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar