Selasa, 02 November 2010

software database


Basis data adalah kumpulan informasi yang di simpan dalam computer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program komputer  utuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Software yang digunakan utuk mengelola dan memanggil query basis data disebut system manajemen basis data. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dai catatan-catatan atau potongan dari pengetahuaan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstuktur dari jenis fakta yang tersimpan didalamnya. Penjelasan ini disebut dengan skema. Skema menggambarkan obyek yang di wakili suatu basis data dan hubugan diantara obyek tersebut.

Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema atau memodelkan struktur basis data. Model umum yang digunakan sekarang adalah model relasional, yaitu layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom. Dalam model ini berhubungan antar tabel di wakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti hierarkis dan jaringan menggunakan cara yang lebih eksplosit untuk mewakili hubungan antar tabel.

Perangkat lunak (Software) database merupakan aplikasi perangkat lunak yang diguakan oleh user untuk mengelola dan memanggil database tersebut. Pengelola dan pemanggil kuery ( query ) basis data tersebut dengan system manajemen basis data. Perangkat lunak basis data yang sering digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level)

a.      Microsoft SQL Server
Microsoft SQL server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa query utamanya adalah Trsact-SQL yang merupakan inplementasi dari SQL standar ANSI/ ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase.

Umumnya SQL Server dan Sybase / ASE  dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (tabular data system). Selain itu Ms.SQL Server juga mendukung ODBC (open database connectivity) dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman.

Versi dan Edisi
Sebagai pengembangan dari versi dan edisi sebelumnya (SQL server 7.0 & 2000) Microsoft telah memperkenlkan produk SQL server 2005( edisi, enterprise, developer, standard, workgroup,expres,mobile,compact)& SQL server 2008

b.      Oracle
Oracle dapat mengacu kepada:
-         Oracle Corporation, sebuah perusahaan perangkat luak basis data
-         Basis data oracle, produk utamanya




c.       Fierbird
Firebird SQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang menawarkan fitur-fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 & 2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows maupun pada sejumlah plat form Unix. Firebird di arahkan dan di maintain untuk firebird SQL foundation.

d.      My SQL
My SQL adalah sebuah perangkat lunak sistem basis data. My SQL dimiliki dan di sponsori oleh sebuah perusahaan  komersial Swedia. Jadi My SQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen data basis relasional yang di distribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL. Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan My SQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. My SQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basis data yang telah ada sebelumnya.

My SQL memiliki beberapa keistimewaan di antaranya adalah sbagai berikut

-         Protabilitas, My SQL dapat berjalan stabil pada  berbagai sistem operasi seperti Windows, Unix, FreeBSD, Mac Os X server, Salaris, Amiga dll
-         Perangkat lunak sumber terbuka, My SQL didistribusikan sebagai peragkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL.
-         Multi user, My SQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah / konflik.
-         Performance tuning, My SQL memiliki kecepatan yag menakjubkan dalam menangani query sederhana.
-         Ragam tipe data, My SQL memiliki  beberapa ragam tipe data seperti signed / usigned integer, float, double, char, text, date, timestamp dll
-         Perintah dan fungsi, My SQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah select & where dalm perintah (quey).
-         Keamanan, My SQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnet mask, nama host dan izin akses user.
-         Skalabilitas dan pembatasan, My SQL mampu menangani basis data dalam skala besar denga jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta & 60 ribu tabel serta 5 milyar baris.
-         Konektivitas, My SQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protocol TCP / IP, UNIX, NT.
-         Lokalisasi, My SQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa.
-         Antar muka, My SQL memiliki interface terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi ApI ( Application  Programing Interface ).
-         Klien dan peralatan, My SQL dilegkapi dengan berbagai peralatan yang dapat digunakan.
-         Struktur label, My SQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE.

e.      SQL ( Structured Query Language )
SQL ( Structured Query Language ) adalah sebuah lonsep pengoperasian basis data, terutama untuk pemilihan / seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian datadikerjakan dengan mudah secara otomatis

f.        Postgre SQL
Postgre SQl adalah sebuah sistem basis data yang disebut luaskan secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD, Postgre SQL akan menjadi fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan sseperti , DB Miror PG Pool, Slony,  PG Cluster dll.

g.      Microsoft Acces
Microsoft Acces adalah sebuah program aplikasi basis data computer relasional yang di tujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Keuggulan Microsoft Acces dilihat dari presfektip programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa SQL.

h.      Paradok
Paradok adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis yang di akui kebenarannya yang bertolak dari suatu  pernyataan dan akan tiba pada suatu koflik / kontradiksi.

i.        Visual FoxPro
Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan procedural dari Microsoft.

j.        Clipper
Clipper adalah bahasa pemrograman komputer keluarga  Xbase yang di guakan untuk membuat program komputer utamanya yang berjalan pada sistem operasi DOS.

Selain perangkat lunak diatas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman basis data aras rendah diantaranya Betrieve, Tsunami record manager.

Software Pendukung Basis Data

Tanpa software, sebuah komputer tidak akan berguna. Komputer membutuhkan software untuk beroperasi dan membutuhkan sistem operasi atau program-program untuk membuat komponen-komponen komputer bekerja dengan baik.

1. Software Sistem
 Software sistem, merupakan suatu program yang dirancang untuk bertindak sebagai perantara hardware dengan program aplikasi.
Software sistem terdiri dari :
-          Sistem Operasi
-          Program-program utility
-          User interface

2. Software Bahasa
            Bahasa komputer memiliki huruf-huruf, simbol-simbol dan aturan penulisan yang juga disebut dengan Sintaks Bahasa.

Bahasa komputer dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori yaitu :
  1. Berdasarkan penggunaannya, bahasa komputer dapat dikategorikan menjadi bahasa pemrograman sistem dan bahasa pemrograman aplikasi
  2. Berdasarkan generasinya, bahasa komputer dapat dikelompokkan menjadi :
            - Generasi pertama (Bahasa Mesin)
            - Generasi kedua (Bahasa Assembly)
            - Generasi ketiga (Bahasa Prosedural)
            - Generasi keempat (Bahasa Non Procedural)
            - Generasi kelima (Bahasa Berbasis Objek)

Penerjemahan Bahasa
Agar komputer dapat memahami program yang disusun dengan suatu bahasa pemrograman, maka dibutuhkan suatu penerjemah yaitu Interpreter atau Compiler .Interpreter  merupakan penerjemah bahasa pemograman yang menerjemahkan instruksi demi instruksi pada saat eksekusi program. Sedangkan, Compiler  merupakan penerjemah bahasa pemrograman yang menerjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul kedalam bahasa mesin (object program). Proses kompilasi dilakukan setelah seluruh program selesai ditulis.

3. Software Aplikasi
Software Aplikasi, merupakan program yang digunakan untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.. Software Aplikasi ini secara umum terbagi atas :
  1. Pengolah Kata
  2. Pengolah Angka
  3. Pengolah Data
  4. Desktop Publishing (untuk pencetakan gambar, grafik dan editing)
  5. Software Telekomunikasi
  6. Software Grafis
  7. Software Multimedia

Referensi ,
“size matters: yahoo claim 2-petabyte database is wordl’s biggest busiesy computer world 22 Mei 2008.
“Thomas claburn.yahoo claims record with petabyte database information week, 21 Mei 2008.
“emmanuel cecchet ( 2009-05-21), building petabyte warehouses with ummoditified postgree SQL. “postgree SQL affiliates.ORG domain”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar